
BLOG SEO REVIEW TOYOTA FORTUNER
Ini mobil yang dikeluarkan oleh toyota mobil ini sangat macho bagi orang-orang yang suka tantangan yang menegangkan dan mobil ini bisa membuat hal yang berbeda dari hari ke hari, meskipu mobil ini bermesin disel tapi tidak usah diragukan karena memakai tehnologi VNT. apa itu VNT adalah variabel nozlle turbo yang mampu meningkatkan daya output dan torsi mesin secara signifikan dengan tenaga yang meningkat yaitu 144ps/3400 rpm dan torsinya pula meningkat 35kgm/1600-2800 rpm dengan turbocharge yang kita tuhu bahwa turbocharge itu adalah mempercaya jumlah oksigen yang masuk kedalam rang sehingga pembakaran sempurna. pada toyota fortuner melakukan inovasi dengan mesin VNT ini yang bisa dibilang pelengkap dari turbo-turbo yang ada saat ini dimana VNT mempunyai rumah turbin yang dilengkapi bilah/sudu-sudu. Sudu-sudu ini bisa diatur, sudut bukaannya tergantung beban mesin, rpm dan banyak variable lainnya. Penggerak sudu-sudu adalah motor listrik. pada putaran mesin yang redah tidak usah khawatir karna turbo yang ada pada mesin VNT ini akan bekerja dengan sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir diarea sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya.
Hasilnya bisa memutar turbin secara
efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak putaran rendah sedangkan pada putaran mesin yang tinggi tidak perlu khawatir pula akan merusak perangkat turbo yang ada yaitu VNT Karena pada Toyota Fortuner Diesel berkapasitas 2.5 liter ini dilengkapi intercooler
diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara
yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat. untuk mengetes toyota fortuner 2.7 liter bensin maka di adakan suatu perjalanan pada tanggal 23 july 2012 yang bekerjasama dengan Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011yang melintasi puluhan negara dari jakarta menuju ke itali yang bisa dibilang yang jaraknya puluhan ribu kilometer. kegiatan ini yang membawah nama indonesia tentang sejauh mana keunggulan produk toyota indonesia khususnya fortuner ini. pihak astra mempercayakan 4 unit produk fortunernya pada bengkel Yanatta Auto Works di Lebak Bulus untuk mengalami sedikit ubahan yaitu membuat roof rack,Winch (katrol derek), side guard untuk bracket High
Lift Jack (dongkrak untuk mengangkat mobil hingga 1 meter), dan terakhir
rak besi di bagian bagasi tapi untuk bagian mesinnya masih standar pabrik yaitu kapasitas 2700cc. Mobil ini mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-i. SUV ini dilengkapi power seat adjuster pada kursi pengemudi, corner and
parking sensor, touch screen audio video system with Toyota navigation,
serta parking camera.
toyota fortuner melakukan pula perjalanan Fastron euroasia II yaitu Thailang dimana di negara ini bisa di bilang penuh warna karena iklim dan geografis yang hampir sama dengan indonesia negara kita. perjalanan ini dilakukan pada bulan oktober yang pada saat itu Banjir Bandang menerjang Thailand (bangkok) sehingga 4 unit mobil fortuner yang sedang konfoi dari indonesia menerjang banjir yang tanggul di sana jebol tapi fortuner ini sangat di untungkan dengan ground clearance Fortuner yang tinggi tapi di Thailand sempat di cek jangan sampai terjadi kerusakan pada mesin ternyata bagus dan cukup dengan ganti oli ini di sebabkan karena toyota fortuner sudah menempuh jarak ribuan kilometer dan benkel toyota di Thailand merekomendasikan mobil ini bisa melanjutkan perjalanan menuju laos.
setelah perjalanan toyota fortuner euroasia yang kedua maka di lakukan lagi pejalanan toyota fortuner euroasia yang ketiga yaitu menuju china dimana negara ini negara terluas di dunia, berbagai macam kontur dan iklim, jalan tol terpanjang di dunia. di daratan china ini tim Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil Toyota
Fortuner 2.7 V AT 4 x 4, dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta melewati bermacam daerah di china pertama di kota don huang di provinsi gansu yang terkenal dengan padang pasir Mingsha Mountain. dimana daerah Mingsha Mountain ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat sebagai taman nasional sejak tahun 1944. suhu pada saat itu 1c tapi Sistem penggerak toyota fortuner 4x4 menjadi perangkat penting untuk menuntaskan
perjalanan. Kombinasi suspensi depan double wishbone with stabilizer dan
suspensi belakang 4 Link dengan Lateral Rod bekerja sempurna. perjalana di china pada bulan november yang memakan waktu tim di china 19 hari 18 malam. di Kota Kun Ming Empat unit Toyota Fortuner yang sempat berhenti di pinggir jalan pun sontak menjadi tontonan penduduk setempat. masih di china perjalanan terus di lakukan ke daerah Chengdu Kali ini rute yang dilewati merupakan jalan bebas hambatan yang berada di atas danau sehingga mobil dapat melesat sangat mulus tapi jangan salah meskipun mulus melaju jalannya tapi cuaca tergolong sangat dingin, karena berada di kisaran 15-17 derajat
Celcius. Maklum saja, medan yang dilalui berada di atas ketinggian 2.800
meter dari permukaan air laut ini bisa menjadi tantangan bagi mesin toyota fortuner namun ini bukan menjadi penghalang lagi bagi toyota fortuner karena sekali lagi mesinnya cukup tangguh dan bagus.
pejalanan terus berlanjut menuju asia tengah di kyrgstan menju ibu kota bishkek melintasi pegunungan batu bersalju dengan kontur jalan berliku dan naik
turun. Ditambah lagi dengan suhu udara dingin rata-rata 1 derajad
celcius. Bahkan kadang-kadang dibawah nol pokoknya berubah ubah selama perjalanan 22 jam dari china praktis suhu seperti itu harus di hadapi hingga negara lainnya diasia tengah yaitu iran di mana Kawasan ini bisa dibilang dataran tinggi yang kering, berbukit-bukit dan keras. Rute yang dilewati sampai ketinggi 3900dpl (dari permukaan laut). meskipun sudah melewati bermacam rintangan selama perjalanan ini mesi masih saja tangguh karena Salah satu kuncinya adalah teknologi VVT-I yang didukung sensor
oksigen. Sistem ini mampu mendeteksi jumlah oksigen yang masuk ke ruang
bakar. Dengan tahu jumlah oksigen yang masuk, system bisa menakar
kebutuh oksigen yang diperlukan. Katup masuk ke ruang bakar juga bisa di
kendalikan lama bukaannya disesuaikan dengan kondisi medan dan beban
mobil. Dengan demikian mesin selalu bisa memproduksi tenaga yang
dibutuhkan.
referensi
- http://www.toyota.astra.co.id/company/news/article.php?article_id=5161
- http://www.toyota.astra.co.id/motorsport/ulasan_pertandingan/article.php?article_id=5133
- http://www.toyota.astra.co.id/motorsport/ulasan_pertandingan/article.php?article_id=5135
- http://www.toyota.astra.co.id/motorsport/ulasan_pertandingan/article.php?article_id=5134
- http://www.toyota.astra.co.id/company/mediarelations/article.php?article_id=5137
mobilnya keren dan tangguh disegala medan. semoga menang kontesnya ya sobat.
BalasHapusditunggu kunjungan baliknya.